Kader DPC PKS Tamalanrea Merayakan 17 Agustus di Puncak Tallung - PKS Sulsel

Kader DPC PKS Tamalanrea Merayakan 17 Agustus di Puncak Tallung

Share This


Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, DPC PKS Tamalanrea Kota Makassar mengadakan acara pendakian bersama kader kecamatan Tamalanrea di puncak Tallung yang terletak di gugusan pegunungan Bawakaraeng, Kab. Gowa, Jum'at kemarin. Acara yang diadakan tepat di tanggal 17 Agustus 2018 ini, dipimpin oleh Ust. Munawar Ahmad, S.Hi (Ketua DPC PKS Tamalanrea) bersama dengan delapan anggota lainnya. Tim pendakian berangkat dari Lembanna, Malino, Jum'at dini hari.


Perjalanan yang cukup menguji kekuatan fisik itu dimulai tepat pukul 01.00 waktu setempat. Untuk mencapai puncak Tallung, kita akan melalui empat anak gunung dan empat anak sungai. Perjalanan menuju puncak membutuhkan waktu sekitar empat jam hingga lima jam tergantung kondisi cuaca dan kondisi fisik peserta pendakian.
 

Medan menuju puncak Tallung curam dan terjal, tetapi pemandangan indah sepanjang perjalanan membuat semangat peserta tidak surut. Tebing-tebing curam, hutan, pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Makassar di malam hari, sungguh indah. Meski udara dingin musim kemarau berhembus menusuk tulang, angin bertiup cukup kencang sehingga membuat kita menggigil jika tidak terus bergerak, kondisi ini membuat tantangan pendakian tetap dinikmati. 


Setelah perjalanan selama empat jam, melewati tiga anak sungai dan tiga anak gunung, tim pendaki berhenti di anak sungai ke empat saat waktu subuh telah masuk. Tepat ketika fajar telah terbit, pukul 04.50 tim bersiap-siap sholat dan kemudian istirahat. Air sungai di tempat pemberhentian ini sangat jernih dan segar, sehingga bisa langsung diminum. Pukul 06.00 tim melakukan sarapan pagi dengan bekal yang cukup sederhana namun terasa semakin nikmat setelah ditempuh dengan perjalanan yang menguras fisik.


Udara pegunungan biasanya akan semakin dingin saat musim kemarau, oleh karena itu sangat disarankan untuk melengkapi peralatan pendakian berupa sleeping bag, jaket tebal, dan sarung tangan agar suhu tubuh tetap hangat saat kita memutuskan untuk tidur sejenak. Udara yang dingin akan menusuk tulang dan membuat tubuh menggigil bila pakaian yang digunakan adalah pakaian yang tipis dan tidak sesuai standar pendakian.



Matahari semakin meninggi, akhirnya diputuskan untuk menuju puncak Tallung pada pukul 08.00 pagi. Puncak Tallung ini adalah pos terakhir sebelum peserta pendakian turun ke lembah Ramma, lembah yang terletak di kaki gunung Bawakaraeng. Perjalanan yang dibutuhkan untuk tiba di puncak Tallung dari pos peristirahatan sekitar 30 menit. Di puncak Tallung, tim menikmati kehangatan mentari pagi dan pemandangan kokohnya gunung Bawakaraeng. Bendera PKS dan Bendera Merah Putih pun dikibarkan DPC PKS Tamalanrea di puncak Tallung dalam peringatan hari kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia. Mencintai Indonesia, Kerja Kita Prestasi Bangsa.


Ust. Munawwar menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan semngat motivasi sportifitas kepada anak bangsa khususnya para pemuda serta memberikan dan mengajarkan keikhlasan kesabaran.

Pages