Perempuan Lebih Dihargai Dengan PUG - PKS Sulsel

Perempuan Lebih Dihargai Dengan PUG

Share This
Bunda Sri Rahmi Menjadi Pemateri PUG



PengarusUtamaan Gender (PUG) adalah strategi pembangunan, bukan suatu program kegiatan. Sontak pernyataan ini membuat para peserta yang hadir tercengang. "Apa sih Gender itu"? lanjut Bunda sapaan akrab Sri Rahmi anggota legislatif PKS DPRD Prov Sulsel yang sedang menyebarluaskan Perda No. 1 Thn 2018 tentang PengarusUtamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah di Kel. Rappokalling, Kec. Tallo, Kota Makassar.


 Menjawab pertanyaan Bunda, sebagian peserta menjawab bahwa gender adalah jenis kelamin. Hal tersebut langsung diluruskan oleh Wakil Ketua Komisi A ini, beliau menyampaikan bahwa gender berbeda dengan jenis kelamin karena gender adalah suatu perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang dibentuk atau dikonstruksikan oleh masyarakat dan bersifat dinamis. Beliau juga menyampaikan beragam stereotype terhadap perempuan dan laki-laki yang berkembang dimasyarakat seperti laki-laki dikenal lebih rasional, kuat dan tegas sedangkan wanita bersifat emosional, lemah, sensitif dan pandai merayu.

Bunda juga menekankan atas pernyataan di atas tadi bahwa PUG bukanlah suatu program atau kegiatan melainkan suatu strategi pembangunan untuk mencapai suatu keadilan dan kesetaraan sesuai dengan amanat Perda ini. Dalam khasanah Bugis Makassar biasa diewajantahkan Sipakainga, Sipakalebbi, Sipakatau.

Didapuk jadi pembicara utama, Bunda mengingatkan bahwa dengan adanya Perda PUG ini, bukan berarti ingin melebihkan perempuan di atas laki-laki dalam segala hal tapi lebih ingin meng-aware masyarakat terutama laki-laki untuk bisa mengajak perempuan bekerja sama terutama sekali dalam lingkup rumah tangga.

Mendampingi Sri Rahmi, hadir juga Lurah Rappokalling Syarifuddin Warrang, S.Pd dan Susi Smitha Pattisahusiwa.

Pembagian Door Price bagi peserta yang bertanya, yang menjawab pertanyaan menjadi akhir dari kegiatan ini.



Muh.Anwar
Photo : Mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages