Stok Darah Kurang, Aleg PKS Sulsel Sri Rahmi: “Yuk, Donor Darah!”

Anggota DPRD Sulsel Fraksi PKS Sri Rahmi melakukan donor darah di kantor PMI Kota Makassar

SULSEL.PKS.ID – Makassar, Anggota DPRD Prov. Sulawesi Selatan dari PKS, Sri Rahmi melakukan donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, Jalan Kandea No. 8 Kel. Baraya Kec. Bontoala, Kota Makassar pada hari Sabtu, 06 Juni 2020.

Saat ditanya oleh humas DPW PKS Sulawesi Selatan bahwa donor kemarin adalah donor yang keberapa kali, melalui balasan pesan telegram, beliau katakan sudah lupa untuk sudah kesekian kalinya mendonor darah. Dan ternyata, dari informasi yang didapatkan, bahwa beliau memang rutin melakukan donor darah sebagai bentuk kepedulian beliau kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

Selain donor darah, Ketua Fraksi PKS DPRD Prov. Sulawesi Selatan ini sempat beraudiensi dengan Kepala UTD PMI Makassar, dr. Sukma, dan mendapatkan informasi bahwa permintaan kebutuhan darah dari rumah sakit ibu dan anak (RSIA) melonjak selama sepekan ini.

“Saat saya berkunjung ke kantor PMI Makassar, terbaca dalam papan daftar kebutuhan darah per hari Sabtu kemarin, didominasi oleh ibu melahirkan,” tulis Bunda Rahmi di halaman media sosial Facebooknya.

Dikutip dari akun FB beliau, Bunda Rahmi menuturkan bahwa di tengah pandemi, PMI kekurangan darah karena pendonor minim. Kekhawatiran akan wabah membuat masyarakat enggan mendonorkan darahnya, padahal kebutuhan darah tidak pernah berkurang.

Lebih lanjut, beliau berpesan bahwa tidak usah khawatir dengan wabah, PMI Makassar menerapkan protokol ketat bagi pendonor. Jika hari-hari sebelumnya, kita cuma mengisi formulir data pribadi pendonor, maka masa pendemi ini, kita harus mengisi 1 lembar khusus data tentang covid-19, upaya tracking dari PMI. Ruang pengambilan darah pun dibatasi. Sekalipun tersedia 5 kursi, tapi hanya 3 kursi yang difungsikan untuk menjaga physical distancing.

Terakhir, beliau mengajak kepada masyarakat, “Yuuuk donor, sebagai bentuk empati kita pada yang membutuhkan. Setetes darah, bisa menyelamatkan mereka.”

JOE-HUMAS DPW PKS Sulawesi Selatan