Mengapa Kita Perlu Paham Pancasila?

Pancasila dasar negara, patokan kita menjalankan peran sebagai warga negara dan mengatur pemerintahan termasuk di antaranya dalam hal beragama.

Bahwa Pancasila tidak boleh ada yang menafsirkan bahwa Pancasila bertentangan dengan agama sebab Pancasila justru salah satu perannya adalah menjaga dan mengangkat peran agama dalam pembangunan bangsa.

Pancasila lahir bukan karena latar belakang kepentingan golongan tertentu seperti liberalis dan komunis yang berbasis kepentingan dan penguasaan materi, tapi Pancasila lahir dari tradisi, budaya, dan nilai-nilai agama yang ada di Indonesia.

Karena itu, Pancasila dengan sendirinya melindungi agama, sebaliknya agama seharusnya memandang Pancasila sebagai benteng sehingga agama bisa melakukan fungsi dan tugasnya dalam rangka mendidik manusia menuju takwa.

Oleh karena itu, marilah kita bersungguh-sungguh memahami Pancasila dengan baik agar tidak ditafsirkan secara serampangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang akan menjauhkan pancasila dari hakekatnya.

Pancasila yang digagas akan diperas menjadi trisila dan ekasila. Salah satu bukti kuat bahwa ada pihak yang ingin mengganti Pancasila secara perlahan dan bertahap di mana salah satu tujuannya menghilangkan peran agama dalam membangun moral bangsa.

[RIW]