Apresiasi Deklarasi Pemilu Damai, PKS Sulsel Minta KPU juga Harus Komitmen Pemilu Jujur dan Adil

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel, Amri Arsyid sangat mengapresiasi Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel bersama Polda Sulsel dengan melibatkan seluruh partai Politik.

Namun pihaknya juga menekankan agar tak hanya komitmen Pemilu Damai yang harus disuarakan KPU selaku penyelenggara, tapi juga harus mampu menciptakan Pemilu yang Jujur dan Adil (Jurdil).

“Hal yang positif kita harus komitmen dulu, Partai Politik, KPU, Bawaslu dan Pemerintah betul-betul menjalankan Pemilu yang jujur dan adil,” katanya.

Karena kata dia, terjadinya pelanggaran Pemilu karena tidak jujur dan Adil. Ini biasa dilanggar oleh Partai Politik maupun penyelenggara Pemilu.

“Seharusnya juga ada komitmen terhadap aparat keamanan baik polisi maupun TNI agar memperlakukan peserta pemilu dengan jujur dan adil,” ujarnya.

Selanjutnya kata dia Partai Politik harus melakukan kampanye dengan cara baik. Tidak melakukan politik saling menjatuhkan. “Karena pemilu kan untuk kepentingan Rakyat. Ini juga bisa didesain partai politik agar mereka kampanye nanti saling menghargai,” ucapnya.

Yang paling penting kata dia bagaimana partai politik bisa membangun kesadaran masyarakat agar bisa datang ke TPS sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih. “Ini saya rasa kerja sama partai Politik, KPU dan Bawaslu,” bebernya.

Bahkan kata dia kurangnya masyarakat datang ke TPS berpotensi terjadinya kecurangan . “Bisa saja surat suara yang tidak dicoblos, dicoblos kalau banyak datang ke TPS,” jelasnya. (Fahrullah/B)

 

sumber: Rakyat Sulsel